Senin, 22 September 2014

MAKALAH MINERAL



BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Dari sudut geologi dan tektonik, Sulawesi Tengah mempunyai andil besar terhadap aspek geologi dan struktur regional Sulawesi, karenanya kita tidak dapat memandang geologi dan tektonik Sulawesi Tengah sebagai bagian yang berdiri sendiri. Kegiatan tektonik dapat dipastikan berperan besar dalam proses pembentukan mineral, terutama mineral metallik. (Prof. Dr. J.A. Katili dalam " Teori Pendekatan Tektonik Lempeng" dan "Geotektonik Indonesia Dalam Pandangan Modern"). Menurut teori tektonik lempeng, Indonesia Timur diketahui sebagai zona interaksi antara lempeng lempeng Eurasia, Samudra Hindia, Australia, dan Pasifik. Lempeng-Iempeng ini memperagakan zona-zona penunjaman aktif dengan arah agak membujur di bagian utara, seperti misalnya palung-­palung Philipina, Halmahera dan Minahasa, serta Timor di selatan yang agak melintang. Dua pulau yang luas di zona ini adalah Sulawesi dan Irian Jaya.
Pulau Sulawesi meliputi dua busur convex yang menghadap ke Benua Asia, dengan bagian tengah dipersatukan oleh suatu daerah yang terdiri dari batuan malihan sedangkan di kedua tepinya dibatasi oleh dua palung dalam yang kemungkinan tersusun dari batuan kerak samudra. Dua jalur sesar transformal dipostulasikan oleh Katili (1972) di pulau ini, membagi lengkungan barat menjadi lempeng-Iempeng kecil terdiri dari terutama batuan-batuan granitik dan batuan malihan yang biasanya terbentuk di atas zona Benioff. Batuan vulkanik Tersier di lengan barat daya Sulawesi meliputi batuan-batuan trahitik, andesitik, dasitik, lava, dan batuan piroklastik. Batuan ini tersingkap di dekat Pare-Pare dan secara lokal di sepanjang zona patahan Palu. Batuan volkanik intermedite dan basa yang terdiri dari breksi volkanik, lava bantal dan tufa terdapat di lengan tenggara, di bagian barat Sulawesi Tengah, dan di ujung timur laut dari pulau ini.
Proses penyelidikan bahan galian memerlukan teknologi tinggi, tenaga ahli memadai, biaya cukup besar dan waktu yang lama. Oleh sebab itu belum seluruhnya wilayah Sulawesi Tengah diselidiki dan diketahui potensi bahan galiannya. Pemetaan geologi dan eksplorasi masih sangat diperlukan mengingat selama ini Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah di Kawasan Timur Indonesia yang dikenal sebagai          “TERRA INCOGNITO“ . Berdasarkan hasil  inventarisasi/survei yang telah dilakukan oleh Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral serta Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Propinsi Sulawesi Tengah juga oleh pihak swasta, maka kandungan bahan galian yang telah berhasil di inventarisasi.
Propinsi Sulawasi Tengah yang merupakan bagian integral dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak tepat digaris Khatulistiwa dan termasuk pada Kawasan Timur Indonesia (KTI), terdiri dari 9 (sembilan) daerah Kabupaten dan 1 (satu) Kota, yaitu Kabupaten Tolitoli dengan ibu kota Tolitoli, Kabupaten Buol dengan ibu kota Leok, Kabupaten Donggala dengan ibu kota Banawa, Kabupaten Parigi Moutong dengan ibu kota Parigi, Kabupaten Poso dengan  ibu kota Poso, Kabupaten Morowali dengan ibu kota Bungku, Kabupaten Banggai dengan ibu kota Luwuk, Kabupaten Banggai Kepulauan dengan ibu kota Banggai, Kabupaten Tojo Una – Una dengan ibu kota Ampana, Kabupaten Sigi dengan ibu kota Biromaru, Kota Palu dengan ibu kota Palu
Sulawesi Tengah menyimpan juga kekayaan yang cukup besar di sektor pertambangan dan energi karena terdapatnya berbagai jenis bahan galian, serta berbagai sumber energi Surya, Geothermal, Air dan lain – lain.
Dalam rangka mendukung pelaksanaan dan terutama percepatan pembangunan Kawasan Timur Indonesia maka seluruh potensi harus dipersiapkan dan dimanfaatkan, baik potensi sumber daya alam, sumber daya buatan maupun sumber daya manusia.





B.       RUMUSAN MASALAH
1.    Apa saja  jenis-jenis mineral yang ditemukan dikabupaten Tojo Una-una dan Kota Palu?
2.    Bagaimana kondisi mineral yang berada dikabupaten Tojo Una-una dan Kota Palu?
3.    Dimanakah  definisi, sumber dan tempat mineral dikabupaten ojo Una-una dan Kota Palu?
4.    Bagaimana pengelelolaan dan kegunaan mineral dikabupaten tojo Una-una dan Kota Palu?
C.  TUJUAN
1.      Untuk mengetahui jenis-jenis mineral yang ditemukan dikabupaten Tojo Una-una dan Kota Palu.
2.      Untuk mengetahui kondisi mineral yang berada dikabupaten Tojo Una-una dan Kota Palu.
3.      Untuk mengetahui sumber dan tempat mineral dikabupaten ojo Una-una dan Kota Palu.
4.      Untuk mengetahui pengelelolaan dan kegunaan mineral dikabupaten tojo Una-una dan Kota Palu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar